Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pemkab Minut Gelar Gerakan Pangan Murah di Likbar

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Pangan menggelar gerakan pangan murah, di Balai Desa Tanah Putih Kecamatan Likupang Barat, Selasa (14/11/23).

Kepala Dinas Pangan Jemmy Kuhu menuturkan, jika kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat, menyediakan pangan dengan harga murah tapi berkualitas serta turut mengendalikan inflasi Daerah di Kabupaten Minahasa Utara.

“Melalui Gerakan Pangan Murah ini diharapkan masyarakat dapat merasakan sentuhan pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dengan subsidi harga pangan yang ada sehingga harga tiap komoditas yang dijual di bawah harga pasar,” beber Kuhu.

Kegiatan gerakan pangan murah ini melibatkan stakeholder terkait yaitu Perum Bulog wilayah Sulawesi Utara Gorontalo, ID food, KTI, distributor telur dan pedagang cabe rawit, cabe keriting, bawang merah, bawang putih dan tomat.

Baca juga:  Hadapi PTM Penuh di Sulut, Gubernur Olly : Prioritas Vaksin Booster Bagi Guru

Adapun komoditas yang dijual dengan harga yang telah disubsidi.– Beras 5 kg mendapatkan subsidi harga Rp. 10.000/ 5 kg, sehingga harga dari 53.000/5 kg menjadi 43.000/5 kg.– Minyak goreng disubsidi dengan harga Rp. 5.000/liter dari harga Rp. 14.000/liter sehingga menjadi 9.000/liter.–Gula dari harga Rp.16.000/kg disubsidi 5.000/kg dijual 11.000/kg,– Telur dari harga Rp. 53.000/baki dijual dengan harga 43.000/kg, subsidi harganya rp. 10.000/baki.–Terigu disubsidi Rp. 3.000/kg dan dijual Rp. 8.500/kg dari harga 11.500/kg.–Daging ayam disubsidi Rp. 5.000/ekor, dijual dengan harga Rp. 26.000/ekor.– Cabe rawit, cabe keriting, bawang merah dan bawang putih mendapatkan subsidi harga pangan Rp. 10.000/kg dari harga jual di pasar.

Baca juga:  Wagub Sulut Steven Kandouw Hadiri Konven Misi HUT ke-193 Pekabaran Injil dan Pendidikan Kristen 2024

Kegiatan Gerakan Pangan murah ini disambut antusias oleh penduduk di sekitar desa Tanah putih, ada yang datang dari Serei, Maliambao untuk berbelanja di kegiatan tersebut.

Tercatat kurang lebih 400 orang yang membeli dalam kegiatan Gerakan pangan Murah tersebut.

“Kami berharap kegiatan seperti ini dilakukan di desa mereka, karena dianggap sangat membantu mereka dalam memperoleh bahan pangan yang murah tapi berkualitas,” ujar  salah satu masyarakat setempat.bTurut hadir pada kegiatan ini, Camat Likupang Bara Maykel Parengkuan SSTP. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *