3 Puskesmas di Minut Penuhi Standar Maksimal Pelayanan Kesehatan, Raih Akreditasi Paripurna

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Terobosan gemilang terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) khususnya di bidang kesehatan.

Diketahui, 3 Puskesmas di Minut telah memenuhi standar maksimal pelayanan. Ini dibuktikan dengan diraihnya predikat akreditasi paripurna.

“Tahun 2023 kemarin, ada enam Puskesmas di Minahasa Utara yang akreditasi dan hasilnya tiga Puskesmas dapat Paripurna, sedangkan sisanya dapat predikat Utama,” kata Kepala Dinas Kesehatan Minut, dr Stella Safitry, M.Kes, di kegiatan launching aplikasi Minut Care, Jumat (19/1/2024) pagi.

Menurut dr Stella, diraihnya akreditasi Paripurna ini menjadi bukti nyata bahwa sistem pelayanan dan kinerja di bidang kesehatan Kabupaten Minut telah mengalami langkah maju.

Baca juga:  Wagub Sulut Steven Kandouw Hadiri Shalat Idul Fitri 1445 H di Lapangan Tikala, Sebut Idul Fitri Menjadi Momentum Berkaca Diri

“Untuk yang paripurna, tentu ke depannya adalah bagaimana mempertahankan, sedangkan yang belum, selalu diingat-ingatkan untuk terus tingkatkan,” imbuh Kadis.

“Intinya, pelayanan terbaik harus terus diberikan ke masyarakat secara konsisten sambil juga mutu fasilitas kesehatan kita jaga,” kuncinya.

Sementara itu, Bupati Joune JE Ganda SE MAP MM MSi, mengapresiasi capaian yang telah dibuat 6 Puskesmas di Kabupaten Minut ini.

“Saya berharap ini tidak hanya sebatas penghargaan, tapi di aktualisasi ke kinerja serta pelayanan kepada masyarakat,” ujar Bupati JG.

Lanjut Bupati, bukan hanya di internal Puskesmas, hal-hal di luar Puskesmas yang juga berhubungan dengan kesehatan harus ditingkatkan.

Baca juga:  Dari Dandes Tahap Satu 2024, Untuk Nutrisi Tambahan Pemdes Bulu Tui Bagikan Susu Buah dan Sembako Untuk Anak-anak dan Bumil

“Ayo, semangat terus memberikan pelayanan terbaik, dengan membangun inovasi guna peningkatan kedisiplinan sebagai pelayan masyarakat di bidang kesehatan,” kata Bupati dengan nada ajakan.

Sekadar diketahui, Akreditasi Paripurna merupakan tingkat akreditasi tertinggi yang menjadi bukti pengakuan terhadap mutu pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama. Setiap Puskesmas memang wajib menjalani akreditasi setiap tiga tahun sekali. Untuk tahun ini, akreditasi dilakukan pada akhir 2023 kemarin.

Berikut Puskesmas di Minut yang ikut akreditasi tahun 2023

1. Puskesmas Kolongan (Paripurna)

2. Puskesmas Tatelu (Paripurna)

3. Puskesmas Wori  (Paripurna)

4. Puskesmas Mubune (Utama)

5. Puskesmas Kema (Utama)

6. Puskesmas Talawaan (Utama)

(Josua)

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *