Wow, Ternyata Ini Terobosan Yang Berhasil Bawa DPMPTSP Raih Predikat Terbaik I Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Pemkab Minut 2024

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) berhasil menjadi yang terbaik dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2024.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpin Richard JH Dondokambey, S.STP, ini berhasil mengungguli RSUD Maria Walanda Maramis (Terbaik II) dan Kecamatan Kema (Terbaik III) di babak pamungkas.

Atas capaian ini, Dondokambey cs berhak menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Bupati Joune JE Ganda, di sela-sela kegiatan pembukaan Likupang Tourism Festival (LTF) 2024, Rabu (5/6/2024). Kepala DPMPTSP Minut, Richard JH Dondokambey, S.STP, yang ditemui usai menerima penghargaan menyebutkan jika capaian tersebut merupakan buah dari kerja keras bersama.

“Saya kira ini merupakan bukti bahwa di mana ada kerja keras serta kerja bersama maka usaha tidak akan pernah menghianati hasil,” kata Dondokambey. Disinggung soal inovasi yang kemudian mengantar DPMPTSP menjadi yang terbaik, ia menyebutkan jika pihaknya hanya termotivasi untuk bagaimana menghadirkan sebuah pelayanan yang tidak membedakan status sosial, agama, profesi serta fisik.

Baca juga:  Camat Aermadidi Tegaskan Tidak Ada ASN Melakukan Black Campain Di Desa Tanggari

 “Bicara pelayanan pada umumnya, saya kira itu merupakan hal biasa bagi OPD yang kesehariannya berhubungan langsung dengan masyarakat. Nah, kami mencoba untuk bagaimana pelayanan yang biasa ini menjadi lebih luar biasa dengan memberikan ruang yang sama kepada kaum disabilitas,” bebernya.

Bukan tanpa alasan, disebutkannya bahwa UUD 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik juga turut menyentil soal perlakuan kepada kaum disabilitas. Termasuk juga dari Kementerian Hukum dan HAM yang menyinggung masalah persamaan hak.

Maka dari itu, pihaknya menyiapkan sarana yang mampu menunjang hal tersebut dengan tujuan memberikan pemerataan pelayanan. “Kita siapkan fasilitas penunjang untuk kaum disabilitas. Ada kursi roda serta alat bantu dengar. Bahkan ada stan khusus kita siapkan untuk melayani dengan bahasa isyarat kepada masyarakat pemohon yang tuna wicara, dan itu kemungkinan merupakan satu-satunya yang ada di OPD Pemkab Minut,” sebutnya.

Baca juga:  Pemdes Nain Selesai Melakukan Evaluasi RAPBDes Tahun Anggaran 2023

Ia berharap dengan capaian yang telah dibuat, semakin meningkatkan pelayanan publik di bumi Klabat, khususnya di DPMPTSP. “Ini juga diharapkan bisa jadi acuan bagi kami (DPMPTSP) untuk lebih berinovasi lagi ke depannya,” tutupnya.

Diketahui, inovasi yang telah dibuat DPMPTSP ini dikemas dalam bingkai PEDIS MAR SEDAPP alias Pelayanan Disabilitas Masyarakat Akses Dinas Penanaman Modal dan PTSP. Inovasi ini dibuat dalam rangka menghadirkan kemudahan dalam menerbitkan dokumen perijinan maupun non perijinan bagi kaum disabilitas. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *