KPU Minut Gelar Bimtek Pemutakhiran Data Pemilihan dan Penggunaan aplikasi E-Coklit

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Jumat (21/6/2024) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Pemilihan dan Penggunaan aplikasi E-Coklit yang berlangsung di Novotel Manado.

Bimtek ini diikuti oleh seluruh PPK se-Minahasa Utara dan dipimpin langsung Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw dan didampingi Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Risky A Pogaga, Ketua Divisi Teknis Ibnu M Dali, Ketua Divisi perencanaan data dan informasi Ireine Buyung serta menghadirkan Narasumber Ketua Bawaslu Minut Rocky M Ambar.

Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw, dalam penyampaiannya mengatakan jika, Bimtek ini adalah bagian terpenting dalam pelatihan serta pengenalan aplikasi E-coklit kepada PPK dan diteruskan kepada PPS yang nantinya dapat membekali para petugas Pantarlih dalam pencocokan dan penelitian data pemilih.

Baca juga:  Bersumber Dari DD Tahap Satu 2023, Pemdes Airbanua Bangun Jalan dan Drainase Tangkal Banjir

”Pemutakhiran data pemilih yang akurat merupakan fondasi dari suksesnya pelaksanaan Pilkada 2024 di Minahasa Utara. Oleh karena itu kegiatan ini menjadi sangat penting sehingga tidak ada pemilih yang terlewat atau data ganda,” ujar Lumanauw.

Hendra juga menegaskan PPK agar memperhatikan semua materi dalam Bimtek Pemutakhiran Data Pemilihan dan aplikasi E-Coklit agar dapat diimplementasikan kepada Pantarlih yang akan bertugas dalam penyusunan dan pemutakhiran data pemilih.

” Saya minta teman-teman PPK serius mengikuti Bimtek ini agar memahami mekanisme dan penggunaan e-coklit dapat disampaikan kepada Pantarlih yang direkrut untuk dipelajari dengan baik agar tidak terjadi kekeliruan data pemilih,” tegasnya.

Baca juga:  Proyek Lampu Penerangan Jalan Di Minut Diragukan Selesai Tepat Waktu, Kontraktor Terancam Blacklist

Sementara Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi Irene Buyung mengingatkan kepada seluruh PPK untuk segera mengumumkan hasil perekrutan Pantarlih sesuai dengan tahapan.

”Sesuai tahapan serta instruksi bahwa PPK harus segera mengumumkan hasil seleksi administrasi maupun penetapan petugas Pantarlih bahkan perlu adanya monitoring kepada masing-masing PPS untuk memastikan proses perekrutan Pantarlih sesuai dengan kebutuhan,” tutup Komisioner Ireine Buyung disela Bimtek berlangsung, sembari berharap proses pemutakhiran data pemilih dapat berjalan lebih efektif dan efisien. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *