Sidak Proyek Pembangunan TPA Regional Manado Mamitarang, Gubernur Olly : Ini Salah Satu Solusi Penanganan Sampah

oleh


Manado, Inspirasikawanua.com – Pasca di landa cuaca ekstrim beberapa waktu lalu, terlihat sampah yang menumpuk di beberapa titik yang ada di Kota Manado.

Melihat keberadaan tersebut, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke area proyek pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Regional Manado Mamitarang yang berlokasi di Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara, Senin (1/2/2021) siang.

Sidak yang didampingi Sekprop Edwin Silangen, Kadis PUPR Adolf H Tamengkel, Kadis Praskim Steve Kepel, Kadis Penanaman Modal dan PTSP Franky Manumpil, Staf Khusus Pdt Lucky Rumopa MTh, untuk mengetahui sejauh mana progres pelaksanaan proyek Pembangunan TPA.

Gubernur Olly mengatakan nantinya TPA ini akan menjadi salah satu solusi penanganan sampah di Manado, Minahasa, Minut dan Bitung.

Baca juga:  Keren, Prediksi Akurat Diwaktu Yang Tepat, Penanaman Cabai Desa Kahuku Berbuah Panen Besar

“Ini bukan tempat pembuangan sampah, tapi pengelolaan sampah yang akan diubah menjadi energi listrik. Karena untuk energi listrik dibutuhkan minimal 1000 ton sampah per hari, sedangkan kalau Manado saja hanya 500 ton per hari, makanya sampah dari Minahasa, Minut dan Bitung akan dibuang di sini,” ungkap Gubernur Olly.

Dijelaskannya, sejauh ini belum ada kendala dalam pelaksanaan proyek yang anggarannya berasal dari APBN.

“Ini proyek multi year yang pembiayaannya berasal dari APBN, dengan nilai Rp. 124 milyar untuk tahap pertama. Tahap kedua sekitar Rp100-an miliar di tahun ini, dan ditargetkan pada Desember 2021 ini sudah beroperasi dan bila tak ada kendala bisa lebih cepat,” jelas Gubernur Olly. 

Baca juga:  KEMENPAN-RB Uji Publik RUU ASN di Unsrat

Lebih jauh, Gubernur Olly mengungkapkan bahwa lahan yang digunakan seluas total 12 hektar dan merupakan lahan milik Pemprov Sulut.

“Untuk lokasi tanah tak ada masalah, karena milik Pemprov Sulut. Dan beberapa waktu lalu sudah dibebaskan yang sebelumnya adalah HGU,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara Rus’an M. Nur Taib optimis pelaksanaan proyek berjalan sesuai target.

“Progresnya sampai saat ini sesuai target, mudah-mudahan akhir tahun sudah selesai,” terang Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulut Rus’an M.Nur Taib. (MS)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *