Tak Semeriah Biasanya, Di Masa Pandemi Perayaan Tulude Desa Kahuku Tetap Digelar Sesuai Protkes

oleh

Minahasa Utara, Inspirasikawanua.com-Pada masa pandemi sekarang ini, tidak membuat semangat dari pemerintah Desa Kahuku, Kecamatan Likupang timur, berkurang untuk menggelar acara adat atau pesta adat Tulude.

Walaupun tak semeriah biasanya, pantauan wartawan media ini, pesta adat Tulude yang berlangsung di posko Covid-19 Desa Kahuku tersebut berjalan khusuk dan sesuai Protokol kesehatan (Protkes).

Dalam pesta adat Tulude Desa Kahuku kali ini, Kue adat atau Tamo di bawah oleh seluruh perangkat desa yang ada, didampingi oleh Hukum Tua, Sekretaris, Bendahara dan BPD menuju ke Posko Covid-19 dengan lengkap menggunakan masker.

Baca juga:  Ratusan Pecinta Alam Dukung AA-RS, Richard Sualang : Ini Menjadikan Saya Bersemangat Mengikuti Kontestasi Pilkada

Hukum Tua Desa Kahuku, Immanuel M Tinungki didampingi Sekdes Stenly Misa menuturkan jika Pesta adat Tulude Desa Kahuku kali ini memang tidak semeriah biasanya karena dalam masa Pandemi Covid-19 saat ini.

“Tetapi kami tetap menggelar pesta adat Tulude ini dengan sesuai Protokol kesehatan dan tidak mengumpul masa berlebihan, karena sudah menjadi kebiasaan adat dan Budaya di Desa kami,” beber Tinungki.

Dijelaskan Kumtua, perayaan Pesta adat Tulude di desa Kahuku ini sendiri, merupakan awal dari perayaan Tulude di wilayah kepulauan di Kabupaten Minahasa Utara.

“Jadi selain adat dan budaya dalam rangka mengucap syukur kepada yang maha kuasa, dari warga Nusa Utara, Pesta ada Tulude di Desa Kahuku ini merupakan sejarah atau awal dari perayaan-perayaan Pesta adat Tulude di Wilayah Kepulauan di Kabupaten Minahasa Utara,” ungkap Hukum Tua.

Baca juga:  ¬†Gubernur Olly Undang Jokowi Hadiri KGM PGI Di Sulut

Perayaan pesta adat Tulude Desa Kahuku diawali dengan Ibadah Syukur dengan mengunakan pengeras suara dan diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Kahuku dari rumah masing-masing. Kemudian pemerintah desa memotong kue adat Tamo dan dibagikan ke seluruh masyarakat Desa Kahuku dengan dibawah ke rumah-rumah masyarakat oleh pemerintah desa. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *