Sukses Gelar Festival Bunaken 2021, Kadis Henry Kaitjily : Iven Ini Beri Dampak Ekonomi Bagi Masyarakat Lokal

oleh

Manado, Inspirasikawanua.com –  Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama dengan Kemenparekraf kembali mempromosikan pesona Taman Laut Bunaken sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia melalui gelaran iven pariwisata nasional bertajuk “Festival Bunaken 2021” pada tanggal 27- 28 November 2021 di Pulau Bunaken.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kadis Pariwisata Daerah Provinsi Sulut Henry Kaitjily mewakili Gubernur Sulawesi Utara, di Pantai Pangalisang Bunaken, Manado pada Sabtu (27/11/2021).

Gubernur Olly dalam sambutannya yang dibacakan Kadispar Henry Kaitjily mengajak pelaku usaha wisata bersama pemerintah daerah memanfaatkan momen Festival Bunaken 2021, dengan memberi ruang gerak bagi masyarakat lokal memasarkan produk kreativitas lokal agar iven Festival Bunaken benar-benar memberi dampak ekonomi bagi masyarakat lokal.

Baca juga:  Buka HKG PKK di Bolmong, Gubernur Olly Ingatkan Pemkab/Pemkot Dukung Program TP-PKK

“Sasaran iven pariwisata ini bagi masyarakat lokal, khususnya masyarakat pulau Bunaken. Kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha dunia pariwisata sangat penting bagi masyarakat lokal,” ujar Kaitjily.

Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa mengapresiasi upaya Pemprov Sulut.

“Kegiatan ini dilaksanakan guba mengangkat kekayaan dan keunikan bahari di Sulawesi Utara yang sudah mendunia. Ini juga menunjukkan dan mempromosikan destinasi wisata yang ada di Sulut pada calon wisatawan luar negeri maupun dalam negeri,” katanya.

Dalam pengembangan pariwisata serta potensi ekonomi masyarakat, diperlukan empat unsur yang harus diketahui dan diimplementasikan. Meliputi edukasi, Entertainment, memberdayakan masyarakat lokal dan juga bagaimana memberikan kesempatan kepada mereka terlibat aktif, serta dampak bagi pengunjung dan masyarakat lokal dalam pertumbuhan ekonomi sosial dan budaya dari masyarakat.

Baca juga:  Tim Futsal Korpri Sulut Menang Besar 9-1 Atas Tim Kejagung Di Pornas Korpri Ke 15


Pelaksanaan Iven ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dan sejumlah agenda yang dilakukan yakni Launching QRIS BRI, pelepasan Tukik ke laut, seminar ekonomi kreatif hingga fashion show yang melibatkan nyong noni Sulut. (*/MS)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *