Desa Darunu Gelar Musdes Pembahasan dan Penetapan Rancangan APBDes 2022

oleh

Minahasa Utara, Inspirasikawanua.com – Desa Darunu, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar

Musyawarah Desa (Musdes) terkait pembahasan dan penetapan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Kegiatan tersebut berlangsung di balai desa Darunu, Senin, (7 Februari 2022).

Musyawarah yang berjalan dengan aman tersebut dilakukan dengan mentaati protokol kesehatan dan dihadiri oleh perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta tokoh masyarakat perwakilan tiap jaga 3 orang dari 6 jaga yang ada, pendamping desa itu dibuka langsung oleh Ketua BPD Darunu Ruddi F Keni.

Adapun sejumlah agenda yang dibahas, diantaranya, terkait perubahan regulasi penganggaran desa, 8 persen untuk penanganan covid, 20 persen ketahanan pangan, 40 persen BLT dan tinggal 32 persen untuk pembangunan. Dan juga yang menjadi atensi adalah pembahasan anggaran untuk pemilihan Hukum Tua, karena Darunu juga masuk salah satu desa dari 103 desa se Minut yang akan menggelar Pemilihan Hukum Tua (Pilhut).

Baca juga:  Kabag Lidya Warouw Bantah Ada Pungli Di ULP BPBJ Minut

Penjabat Hukum Tua Darunu Maytee Ruthny Jacobus dalam sambutannya berterimakasih karena pada kesempatan itu masyarakat dan undangan bisa hadir meluangkan waktu untuk bersama dalam mengikuti kegiatan Musdes ini.

“Kiranya apa yang dibahas dalam Musdes ini dapat disepakati bersama untuk kemudian akan dievaluasi di kabupaten dan nantinya diinput dalam Siskeudes,” kata Hukum Tua.

Sekdes Ruddy Beejee Jacobus kemudian memaparkan terkait pagu Dana Desa (DD), Anggaran Dana Desa (ADD) dan Pagu BHPR , kepada masyarakat dan BPD yang hadir untuk kemudian dibahas bersama.

Baca juga:  Gubernur Olly Terima Kunker Panja Komisi II DPR RI, Bahas RUU Tentang Provinsi

Sementara itu ketua BPD menyetujui terkait pagu anggaran yang dipaparkan Sekdes setelah meminta sedikit refisi terkait Operasional BPD.

Kemudian, salah seorang masyarakat Hardiman Kasehung, menuturkan jika dirinya sangat senang jika Kumtua dan BPD dapat duduk bersama untuk membangun desa Darunu.

“Saya juga senang dengan anggaran yang sudah disusun ini, tapi kami masyarakat berharap anggaran ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya dan dapat dipertanggungjawabkan nantinya,” tutup Kasehung. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *