Disamping Perjuangkan Dana Duka, Wakil Ketua DPRD Minut DMR dan Fraksi Nasdem Minta Pilhut Tetap Di 2022

oleh

 

Wakil ketua DPRD Minahasa utara Daniel Mathew Rumumpe
Wakil ketua DPRD Minahasa utara Daniel Mathew Rumumpe

Minahasa Utara, inspirasikawanua.com — Disamping memperjuangkan dana duka untuk masyarakat kabupaten Minahasa Utara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Minahasa utara (Minut) Daniel Mathew Rumumpe (DMR) dan Fraksi Nasdem juga mendukung pelaksanaan Pemilihan Hukum tua (Pilhut) serentak dilakukan tahun ini, setelah anggaran perubahan. Hal tersebut disampaikan DMR sapaan akrab Rumumpe usai rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Minut di kantor DPRD Tumatenden Minut, senin 28 Maret 2022.

“Saya sebagai Wakil Ketua DPRD Minut dan Fraksi Nasdem sangat mendukung upaya pemerintah kabupaten Minahasa utara untuk melaksanakan pelaksanaan Pilhut setelah anggaran perubahan. Namun, kami meminta pelaksanaan pemilihan hukum tua tetap dilaksanakan pada tahun 2022,” beber DMR.

Baca juga:  Kunker Ke Kepulauan, Olivia Mantiri Serap Aspirasi Warga Naen
Wakil ketua DPRD Minahasa utara Daniel Mathew Rumumpe bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh
Wakil ketua DPRD Minahasa utara Daniel Mathew Rumumpe bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Ditambahkannya, pemilihan hukum tua adalah hak konstitusi rakyat yang tidak bisa diabaikan. Pelaksanaan Pilhut tersebut berdasarkan peraturan menteri dalam negeri nomor 72 tahun 2020 tentang pemilihan kepala desa perubahan PERMENDAGRI No. 65 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Kepala Desa.

“Pada tahun ini akan ada 105 desa akan dipimpin pejabat hukum tua, dimana Hukum tua yang ditunjuk bukan hasil pilihan rakyat. Sedangkan, masyarakat memiliki hak demokrasi yakni pemimpin pemerintahan desa dikelola oleh rakyatnya sendiri. Jadi, kami berharap pelaksanaan Pilhut dilaksanakan tahun ini, sehingga pengelolan pemerintahan desa semakin stabil,” kata politisi dari Partai Nasdem ini.

Baca juga:  Bersimpati, PJS Bupati Minut Clay Jenguk Bayi Miracle Robot Lahir Tanpa Batok Kepala

Kepada media ini DMR juga menerangkan berdasarkan hasil rapat Banggar tersebut, program pemerintah Minut bantuan dana duka dari pemerintah kabupaten Minahasa utara tetap terlaksana, dengan nilai Rp 3 juta.

“Kami juga terus mengawal agar pemberian dana duka bagi masyarakat tetap berjalan, karena bantuan tersebut  merupakan anggaran prioritas yang sangat membantu masyarakat Minahasa utara yang mengalami duka,” tutup DMR. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *