Dukung Upaya ODSK Kendalikan Inflasi Jelang Nataru, Dinas Pangan Sulut Pantau Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan di Sangihe

oleh

Sangihe, www.inspirasikawanua.com – Dinas Pangan Daerah Provinsi Sulawesi Utara terus mendukung upaya Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw untuk Pengendalian Inflasi dengan melakukan pemantauan secara berkelanjutan terkait harga dan ketersediaan bahan pangan menjelang HBKN Natal dan Tahun Baru dengan melakukan pemantauan langsung di beberapa kabupaten maupun kota yang ada di wilayah Sulut.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Plt. Kepala Dinas Pangan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Roike Kodoati bersama jajaran melakukan pemantauan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Selasa (29/11/2022).

Dalam kunjungan ini, juga dilaksanakan kegiatan Gelar Pangan Murah (GPM) di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kepulauan Sangihe dan dibuka oleh Bupati Rini Tamuntuan dan di dampingi Kadis Pangan Sulut Roike Kodoati, Kadis Ketahanan Pangan Sangihe Reintje Tamboto.

Baca juga:  Wagub Kandouw Minta Empat Pemkab Seriusi Persoalan Stunting

Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan Beras CPPD Provinsi Sulawesi Utara sebanyak 15.280 Kg (15,28 Ton) kepada masyarakat yang terdampak rawan pangan di wilayah perbatasan kepulauan Marore dan Kecamatan Tahuna, Tahuna Timur, Tahuna Barat Tamako, Kendahe serta Tatoareng pasca bencana alam banjir pesisir (ROB), angin kencang dan gelombang pasang.

Bantuan ini diserahkan oleh Plt. Kadis Pangan Provinsi kepada pemerintah Kabupaten Sangihe yang diterima Penjabat Bupati kepulauan Sangihe, dan kemudian diteruskan kepada para Camat yang wilayahnya terdampak bencana tersebut.

Setelah itu dilakukan monitoring stok Beras CPPD dan pemeriksaan kualitas Beras di Gudang Perum Bulog Tahuna.

Kemudian dilakukan pemantauan Harga Pangan Pokok Strategis sekaligus Sidak di Pasar Towo oleh Kadis Pangan Sulut Roike Kodoati, Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Sangihe bersama Tim Pemantauan Harga Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Baca juga:  Rektor Unsrat Hadiri Kuliah Umum Sekjen Wantanas RI

Adapun harga rata-rata di tingkat pedagang eceran untuk komoditi BARITO, sebagai berikut:
-. Cabai Rawit Merah Rp. 58.667,
-. Bawang Merah Rp. 48.000,
-. Tomat Rp. 12.000,

Sementara Komoditi lainnya:
-. Beras premium Rp. 14.000,
-, Beras medium Rp. 11.500,
-, Cabai keriting Rp. 20.000,
-, Bawang Putih Rp. 34.000,
-, Daging ayam Rp.40.000,
-, Telur ayam Rp. 32.000,
-, Gula pasir Rp. 15.000,
-, Migor kemasan sederhana Rp.27.000,
-, Migor curah Rp.18.000,
-, Tomat Rp.13.000,

Dari hasil sidak pasar dan pemantauan ini, didapati harga eceran BARITO (Bawang Merah, Rica, Tomat) yang sering bergejolak masih terkendali dan relatif aman serta stok tersedia. (Maycle)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *