Sukses Gelar Penyuluhan, Balai Bahasa Sulut Harapkan Wartawan Gunakan Bahasa Indonesia Sesuai Kaidah dalam Menyajikan Berita

oleh

Manado, www.inspirasikawanua.com – Sebanyak 33 wartawan yang berasal dari 28 media, baik media cetak, media elektronik, maupun media daring di Kota Manado dan sekitarnya mengikuti kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia yang digelar oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Jumat–Sabtu (9–10) Juni 2023, di Hotel Luwansa Manado.

Kepada puluhan wartawan yang mengikuti kegiatan ini diberikan materi tentang Ejaan Bahasa Indonesia oleh Dhanar Widyanto, Simulasi UKBI oleh Stevanus Pangemanan, dan Bentuk dan Pilihan Kata oleh Akhmad Zulkarnain.

Baca juga:  Desa Paputungan Sukses Gelar Pesta Adat Tulude

Selain itu, para peserta juga diberikan kesempatan untuk mengikuti simulasi Ujian Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Kegiatan tersebut kemudian ditutup oleh Kasubbag Umum Balai Bahasa Sulawesi Utara, Achmad Ramadhan, yang mewakili Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara, Januar Pribadi.


Achmad Ramadhan mengungkapkan kegiatan tersebut dilaksanakan karena berdasarkan evaluasi masih banyak kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam penulisan berita oleh media massa.

“Kesalahan itu terutama pada penggunaan tanda baca, bentuk dan pilihan kata, serta efisiensi dalam kalimat terkait dengan berita itu sendiri,” katanya saat diwawancarai.

Baca juga:  Sidak RSJ Ratumbuysang, Wagub Kandouw Pastikan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Berjalan dengan Baik

Achmad Ramadhan berharap melalui kegiatan ini para wartawan dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyajikan berita yang akan dikonsumsi oleh publik. (Maycle)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *