Sulawesi Utara Sukses Gelar Grand Final Bintang Radio Nasional 2023, Florentino dan Maria Sabet Juara 1

oleh -29 views

Manado, www.inspirasikawanua.com – Grand Final Bintang Radio Indonesia 2023 tingkat Nasional dengan bertemakan “Seni Merangkai Keberagaman” ini berlangsung sangat meriah dan spektakuler dengan konsep konser di lapangan terbuka.

Dalam ajang yang telah berlangsung sejak tahun 1951 ini, sebanyak 10 peserta dari kategori putra dan putri saling beradu vokal terbaik di babak Grand Final yang digelar di Kawasan Pohon Kasih Mega Mas Manado, Sabtu 2 Desember 2023 malam.

Puncak pelaksanaan Grand Final diawali dengan Tarian Perang dari Minahasa yakni Tari Kawasaran dan tari-tarian lainnya. Kemudian Parade Budaya Indonesia oleh semua perwakilan kantor RRI se-Indonesia yang mengenakan pakaian daerah masing-masing.

Setelah itu, ke 10 peserta tampil secara bergantian beradu vokal di atas panggung konser. Dan disela-sela Grand Final tersebut, dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama oleh pihak RRI dengan PT Muda Mandiri selaku manajemen artis bagi para finalis.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Panitia, Rio Dondokambey mengatakan terima kasih kota Manado telah diberikan kesempatan menjadi tuan rumah.

“Kegiatan ini merupakan puncak dari semua kegiatan yang telah diawali dari daerah masing-masing. Kami sangat senang dan berbahagia bisa menjadi tuan rumah yang baik,” ujar Rio.

Rio berharap para peserta dengan bakat yang dimiliki dapat di berdayakan dan ditingkatkan agar bermanfaat untuk bangsa dan negara.

“RRI sukses selalu, tetap menjadi ikon, tetap menjadi legenda, menjadi terdepan dalam mengabarkan informasi. Acara ini sudah menghasilkan banyak artis bertalenta dan menjadi legenda karena telah melahirkan banyak bintang di indonesia,” pungkasnya.

Setelah itu, Ketua Dewan Juri Suseno Harjo yang didampingi anggota dewan juri lainnya yakni Calista, Laksmi Burul Suci, Ferdi Kusuma Tahir dan Muhan Julham Dani, membacakan hasil lomba Bintang Radio 2023 kali ini dimana berhasil di sabet oleh Florentino Josua peserta pria asal RRI Manokwari dan Maria Puspita Dewi Sinaga peserta wanita asal RRI Jakarta.

Dewan juri melakukan penilaian berdasarkan cara peserta menyanyikan lagu dengan karakteristik masing-masing peserta. Selain itu juga peserta harus memiliki aura bintang, sikap yang baik, dan penampilan di atas panggung yang bagus.

Dalam sambutannya, Direktur Utama RRI, I Hendrasmo mengungkapkan bahwa Lomba Bintang radio ini adalah ajang lomba bernyanyi yang telah diselenggarakan sejak 1951 oleh RRI.

“Kami mendorong peserta yang menjadi finalis babak Grand Final ini untuk bisa menjadi bagian dari dunia industri musik. Selamat bagi peserta yang menjadi juara dan teruslah kreatif,” kata Hendrasmo.

Tak lupa, Hendrasmo menyampaikan terimakasih kepada Pemprov Sulut yang sukses mendukung terlaksananya kegiatan ini.

“Terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Jajaran Pemerintah Provinsi Sulut yang telah mendukung Bintang Radio Indonesia RRI tahun 2023, sehingga terlaksana dan berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Kegiatan Bintang Radio 2023 kali ini ditutup oleh Dirut RRI sekaligus mengumumkan tuan rumah ajang bintang radio 2024 mendatang yakni di Kota Surabaya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Kadis Kebudayaan, Janni Lukas menyampaikan terimakasih karena RRI telah mempercayakan Sulawesi Utara bisa menjadi tuan rumah kembali.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Dewan Pengawas LPP RRI, Anwar Mujahid Adhy Trisnanto, Dirut LPP RRI I Hendrasmo, Sekdaprov Sulut Steve Kepel, Pangdam XIII Merdeka, Wali Kota Surabaya yang diwakili Kadispora Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, jajaran pejabat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Ketua Umum Panitia Rio Dondokambey.

Berikut ini hasil babak Grand Final Bintang Radio 2023.
Peserta Putra:
Juara 1, Florentino Josua asal RRI Manokwari,
Juara 2, Muhamad Redoni asal RRI Gorontalo,
Juara 3, Jacky Nevo Tambajong asal RRI Jakarta,
Harapan 1, Rafael Ratum Buisang asal RRI Manado.
Harapan 2, M Dafa Adia Fernanda asal RRI Banjarmasin.

Peserta Puteri :
Juara 1, Maria Puspita Dewi Sinaga asal RRI Jakarta,
Juara 2, Amira Yusmalia Julan asal RRI Kendari,
Juara 3, Rachel Sinaga asal RRI Purwokerto,
Harapan 1, Natalias asal RRI Palangkaraya,
Harapan 2, Rosi Watiting asal RRI Kupang. (Maycle)