Tilang Manual Kembali Diberlakukan, Ini Kata Kasat Lantas Polres Minut IPTU Julio Tampoi

oleh -266 views

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Setelah beberapa bulan menerapkan sistem tilang online, Polri akhirnya kembali ke pola lama yaitu tilang manual.

Kepada media ini Kapolres Minahasa Utara (Minut), AKBP Bambang Yudi Wibowo, SIK, melalui Kasat Lantas, IPTU Julio J Tampoi, SH, membenarkan hal tersebut.

Dikatakan Tampoi, salah satu pertimbangan sehingga tilang manual diberlakukan kembali adalah karena belum semua daerah memiliki fasilitas ETLE.

“Contohnya saja kita di Sulawesi Utara ini, dari lima belas kabupaten kota, baru (Kota) Manado yang ada kamera ETLE,” kata IPTU Julio, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (26/5/2023).

Bersamaan dengan itu, kata Tampoi, tindakan pelanggaran terhadap aturan berlalu lintas jadi meningkat. Mulai dari berkendara tak pakai helm, berboncengan lebih dari dua orang hingga TNKB dilepas, semakin marak ditemui.

“Belum lagi, tingkat fatalitas kecelakaan jadi meningkat akibat berkendara tak sesuai aturan,” bebernya.

Oleh karena itu, Kasat Lantas yang dikenal dekat dengan media ini menilai pemberlakuan kembali tilang manual merupakan salah satu opsi terbaik untuk saat ini.

“Yang pasti tujuannya adalah untuk masyarakat itu sendiri bukan kepada kita aparat kepolisian,” tegas Tampoi sembari
mengimbau warga agar memperhatikan aturan berlalu lintas guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ingat, tertib berlalu lintas adalah untuk kebaikan pengguna jalan, bukan untuk kami petugas lalu lintas. Ini semua untuk keselamatan masyarakat sebagai pengguna jalan, ” tutup Tampoi. (Josua)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *