Target Pajak RM di Kabupaten Minut Naik 5 Persen, ini Penjelasan Kepala Bapenda Christian Katuuk

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) tahun 2023 ini telah menaikkan target untuk pajak rumah makan (RM).

Kepada media ini, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Minut Christian A Katuuk SH menuturkan, target dinaikkan kurang lebih Rp5 miliar dari Rp60 miliar di tahun 2022, kini menjadi Rp64,5 miliar.

“Ini merupakan target PAD untuk pajak rumah makan di APBD induk tahun 2023. Artinya, apabila diakumulasi dengan target di (APBD) perubahan (2023), jumlahnya (target) bisa lebih,” kata Katuuk, Rabu (20/9/2023) siang.

Ditanya soal capaian, dia menyebutkan bahwa laporan per tanggal 18 September 2023, sudah ada di posisi 87, 8 persen.

Baca juga:  Buntut Kasus Pembunuhan Guru, Dikda Sulut Rekomendasi SMK Ikhtus Di "Bekukan"

“Dari target Rp64, 5 miliar, realisasi saat ini sudah kurang lebih Rp56, 6 miliar,” sebutnya. Nah, merujuk pada data ini, pria yang dikenal akrab dengan insan pers ini mengaku optimis mampu mencapai target yang sudah dibuat.

“Tahun kemarin kita over target, maka tahun ini kita juga optimis. Minimal boleh capai target,” ujarnya sembari berterima kasih kepada Bupati Joune JE Ganda yang terus memberi support.

Diakuinya, potensi pajak RM di Minut cukup menjanjikan hanya saja sejauh ini belum tergarap maksimal. Nah, dengan berbagai terobosan yang dibuat, pihaknya optimis boleh lebih baik dari tahun sebelumnya.

Baca juga:  Kolintang Bakal Semakin Mendunia Lewat Layar Lebar, Bupati JG Persembahkan Film "Lokananta"

“Apalagi kita sudah turun ke beberapa rumah makan, melakukan edukasi serta sosialisasi pentingnya membayar pajak.  Dan sejauh ini hasilnya cukup memuaskan di mana realisasi memperlihatkan progres positif,” tuturnya.

Ia pun berharap ke depan wajib pajak akan semakin taat membayar pajak sebagaimana waktu yang telah ditetapkan sehingga tidak terjadi piutang.

“Toh, ujung-ujungnya pajak itu akan kembali juga ke wajib pajak lewat program-program pembangunan,” kuncinya. Sekadar diketahui, target dan realisasi pajak yang disebutkan di atas, belum termasuk di target di APBD Perubahan 2023. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *