Bersumber Dari Dandes 2023, Pemerintah Talawaan Satu-satunya Salurkan Bantuan Beras Hasil Program Ketahanan Pangan

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Pemerintah Desa Talawaan, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), sukses menyalurkan bantuan pangan berupa beras kepada masyarakat, Selasa (28/11/2023) pagi.

Hebatnya, bantuan yang disalurkan kali ini merupakan hasil dari program ketahanan pangan dari dana desa yang digagas pemerintah desa untuk tahun 2023.

Kepada media ini Hukum Tua Talawaan, Ricky S.F. Sumampouw, usai penyaluran mengatakan jika program ketahanan pangan kita di tahun ini ada dua yakni penanaman padi serta jagung.

“Puji Tuhan hari ini kita boleh nikmati hasil panennya,” ujar Hukum Tua.

Meski demikian, Kumtua mengatakan jika hasil yang dinikmati hari ini baru dari hasil penanaman padi sawah, sedangkan untuk jagung diperkirakan Desember ini sudah bisa dipanen.

“Harusnya kita bisa panen di waktu bersamaan namun karena kemarau ekstrim beberapa bulan kemarin menyebabkan pertumbuhan jagung sedikit terganggu sehingga turut berdampak pada waktu panen,” terangnya.

Ditanya soal luasan lahan yang digunakan untuk program ketahanan pangan, ia menyebutkan kurang lebih 6 Ha yang dibagi 2 yakni 3 Ha untuk padi sawah sedangkan sisanya lagi untuk jagung.

Baca juga:  Opa 83 Tahun Asal Siau Hidup Memprihatinkan di Wawontulap Minsel, ODSK Salurkan Bantuan

“Untuk hasilnya (Padi), puji Tuhan meski dihadang kemarau kemarin, kita masih boleh dapat hasil kurang lebih 3,2 ton kotor,” beber Ricky sembari menyebutkan jika hasil tanam jagung juga memperlihatkan progres positif.

Sementara itu, Yusli Pusung, salah satu penerima mengaku sangat senang boleh menerima bantuan tersebut.

“Terima kasih kepada pemerintah desa melalui Bapak Hukum Tua bersama ibu yang sudah memberi bantuan kepada kami keluarga,” kata Yusli.

Menurutnya, bantuan ini datang di waktu yang tepat, di saat harga beras mulai naik.

 “Tentu ini sangat membantu kami, apalagi di masa-masa sulit seperti hari ini di mana harga pangan mulai naik,” imbuhnya.

Senada, Simon Katuuk, warga jaga X, turut menyampaikan terima kasih kepada Hukum Tua bersama perangkat desa yang sudah menggagas program ketahanan pangan sehingga ia boleh rasakan hasilnya.

“Semoga program ini akan terus berlanjut, sehingga kami masyarakat kurang mampu boleh menerima manfaat yang lebih besar lagi,” harap lelaki 74 tahun ini sembari mendoakan Hukum Tua bersama perangkat desa terus diberikan kebijaksanaan.

Baca juga:  Pasca Bencana Banjir dan Tanah Longsor, Gubernur Olly Dondokambey: Pemerintah Operasi Makanan dan Minuman Tiga Hari, Imbau Warga yang Dapat Relokasi untuk Segera Pindah

Di tempat yang sama Camat Talawaan, Alexander C Warbung SIp, mengapresiasi pemerintah desa dan Hukum Tua Talawaan yang sudah menggagas program ini.

“Ini merupakan satu-satunya di wilayah Kecamatan Talawaan, atau bahkan mungkin di Kabupaten Minahasa Utara di mana hasil dari program ketahanan pangan boleh dinikmati langsung oleh masyarakat,” ungkap Camat Cipy.

Ia pun berharap program ini agar lebih dikembangkan lagi sehingga hasilnya bisa lebih banyak lagi dirasakan oleh masyarakat.

 “Kalau tahun ini lahan 3 hektar, semoga tahun depan bisa lebih diperluas lagi,” harap Camat.

Sekadar diketahui, dalam penyaluran kali ini, sedikitnya ada 400 KK yang menerima bantuan beras di mana per KK dapat 5 Kg. Adapun para penerima bantuan didominasi janda dan Lansia yang benar-benar membutuhkan. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *