Giatkan Pelestarian Mangrove, DLH Sulut Gandeng Stakeholders

oleh -

Inspirasikawanua.com – Pemprov Sulut, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Lingkungan Hidup yang dipimpin Kepala Dinasnya Marly Gumalag lakukan kegiatan konservasi penanaman Mangrove untuk memperkuat dan mempertahankan kondisi yang sudah ada.

Bekerjasama dengan stakeholders yang ada seperti instansi terkait di jajaran Pemprov Sulut dan BUMN serta para Relawan Konservasi, DLH tanam 100 bibit Mangrove di Mangrove Park Bahowo kelurahan Tongkaina Kecamatan Bunaken Kota Manado, yang merupakan salah satu kunci pertahanan benteng pesisir di Sulawesi Utara.

Program penanaman mangrove tersebut merupakan salah satu upaya gerakan pelestarian lingkungan di Sulawesi Utara dalam pelestarian ekosistem mangrove.

 

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadis DLH Marly Gumalag mengatakan kegiatan ini perlu dilakukan secara bahu membahu untuk pemulihan hutan mangrove dan perbaikan fungsi ekosistem prioritas.

“Masyarakat juga harus turut melestarikan hutan mangrove sehingga dapat memberikan manfaat sebagaimana yang diharapkan,” sebut Gumalag di Bahowo Park, Selasa (29/5/2019) pagi.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pemberian bibit secara simbolis kepada Lurah Tongkaina dan sejumlah peserta lainnya.

Sementara itu, sejumlah relawan konservasi mengharapkan pemerintah dapat membantu legalitas organisasinya untuk mendukung pelestarian mangrove dan bisa menjadi mitra kerja tetap dari pemerintah.

Diketahui manfaat Mangrove, diantaranya :
-. Bersama-sama padang lamun dan terumbu karang menyusun ekosistem pesisir dan laut yang penting.
-. Pelindung pantai dari abrasi, gelombang besar dan bencana tsunami.
-. Menjaga kelangsungan biota laut.
-. Menyerap bahan-bahan pencemar.
-. Sumber energi untuk biota laut.
-. Memberikan bahan organik untuk lingkungan laut.
-. Dapat diolah menjadi berbagai produk kegunaan seperti : serat sintetik, perekat, makanan, minuman, obat-obatan dan lain-lain.
-.Menjadi nilai tambah perekonomian untuk perikanan dan kelautan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Lingkungan Hidup Pemprov Sulut, Marly Gumalag dan Kadis Pariwisata, Kadis Kehutanan, Kadis Kelautan Dan Perikanan, Kadis Pangan Sandra Moniaga, perwakilan Pemkot Manado Camat, perwakilan Pertamina, PLN, Kelompok dan relawan konservasi.

Mari kita lestarikan hutan mangrove kita. (Maycle)

 1,014 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *