Wagub Kandouw Bertemu Konjen Robbins, Bahas Penguatan Kerjasama Australia–Sulut

oleh

Manado, Inspirasikawanua.com – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw menerima kunjungan kerja Konsulat Jenderal (Konjen) Australia Ms. Bronwyn Louse Robbins di Ruang Kerja Wagub Kantor Gubernur, Rabu (03/11/2021).

“Australia dan Sulawesi Utara memiliki hubungan yang erat khususnya yang terkait dengan pendidikan, keamanan, kesehatan, kolaborasi penelitian, serta dukungan jangka panjang Australia terhadap stabilitas, dan pemulihan ekonomi daerah,” ujar Konjen Robbins dalam kesempatannya.

“Harapan kami, penguatan kerjasama pendidikan kejuruan kelas dunia Australia dan keahlian di bidang pariwisata, pertanian, dan perikanan dapat membantu pemulihan provinsi akibat dampak pandemi Covid-19,” tambahnya.

Baca juga:  Wali Kota Andrei Angouw Segera Aktifkan Dana Lansia

Terkait Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) dan program kerja sama ekonomi katalis, diharapkan agar kerjasama ini dapat membuka jalan kemitraan ekonomi antar kedua negara.

Sementara untuk sektor pendidikan, Australia berkomitmen untuk terus menyediakan beasiswa internasional dan kursus singkat dalam berbagai disiplin ilmu sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan di Sulut.

Dalam pertemuan antara Wagub Steven dengan Konjen Robbins, didampingi Plh. Sekdaprov Sulut Asiano Gamy Kawatu

Diketahui, kunjungan Konjen Bronwyn Louse Robbins ini merupakan kunjungan resmi pertamanya ke Sulawesi Utara.

Selain dengan Wagub Steven, Konjen Robbins juga bertemu Wali Kota Manado Andrei Angouw, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, para pelaku bisnis, serta tokoh pendidikan dan tokoh masyarakat.

Baca juga:  Gugatan PAHAM Masuk Tahap Pemeriksaan Kelengkapan Berkas, Liando Sebut Pemohon Harus Penuhi 4 Dalil

Rangkaian pertemuan tersebut merupakan momentum penguatan kerjasama yang dijalin Provinsi Sulawesi Utara dengan Australia di bidang pariwisata dan pertanian, serta penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat.

Turut hadir Plh. Sekdaprov Sulut Gamy Kawatu, Kepala Bappeda Sulut Jenni Karouw dan Ketua Kadin Sulut Rio Dondokambey. (*/MS)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *