Tingkatkan Kualitas Pendidik, Pemprov Sulut Segera Gelar Asesmen Bagi Kepsek SMA/SMK

oleh

Manado, www.inspirasikawanua.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan meningkatkan kualitas tenaga pendidik dengan melakukan asesmen terlebih dahulu terhadap para Kepala Sekolah yang ada di jajarannya.

Hal itu ditegaskan Wakil Gubernur Steven Kandouw, saat Silaturahmi dan Temu Wicara dengan Kepala Satuan Pendidikan tingkat SMA dan SMK (Negeri dan Swasta). Senin, (27/6/2022) di Ruang F.J. Tumbelaka Kantor Gubernur Sulut.

“Sesuai petunjuk pak Gubernur, bahwa berbicara pendidikan ini tidak bisa main-main. Maka dari itu Pemprov Sulut secepatnya akan melakukan Asesmen Test kepada Kepala Sekolah SMA dan SMK,” ujar Wagub Steven Kandouw.

“Maksud dan tujuan test ini ialah meningkatkan kualitas. Dan hasil test nantinya tidak hanya kemampuan yang diketahui, namun semangat, kejujuran, dan motivasi,” sambungnya.

Baca juga:  Presiden Jokowi Kumpulkan Para Gubernur, Gubernur Olly Bawa Belanga Tanah deng Buluh di IKN

Selain itu, Wagub Kandouw berharap hasilnya nanti akan menentukan penempatan Kepala sekolah. “Secara tegas saya mengingatkan tidak ada lagi kasak-kusuk lobi kiri kanan untuk menjadi kepala sekolah, sampai ketahuan kita coret,” tandasnya

Wagub meminta Kepala BKD Sulut Clay Dondokambey segera melakukan asesmen terhadap para Kepala SMA Negeri sederajat untuk mencari kepala sekolah yang punya kapabilitas tinggi.

Menurut Kandouw, kepala sekolah berperan penting sebagai pemimpin dalam manajemen sekolah, termasuk mengatur guru dan siswa. “Kepala sekolah harus profesional dan memiliki kompetensi memadai untuk menggerakkan dan mengembangkan semua potensi yang ada di sekolah sehingga terjadi perubahan positif yang bisa dilihat dari hasil belajar siswa,” bebernya.

Baca juga:  Sekdaprov Steve Kepel Lantik Lima Anggota KIP Sulut Periode 2023--2024

Sementara itu, Kepala BKD Sulut Clay Dondokambey mengatakan dirinya siap menindaklanjuti arahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.

“BKD akan segera menyusun langkah pelaksanaan uji kompetensi bagi jajaran Kepsek, yang kami rencanakan akan digelar pada Agustus 2022 nanti dan hasilnya yang akan menentukan penempatan kepala sekolah sesuai mekanisme penilaian dan akan diputuskan oleh pimpinan,” kunci Clay Dondokambey. (Maycle)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *