Bupati JG Hadiri Rakornas Percepatan Pengembangan 5 DPSP

oleh

 www.inspirasikawanua.com – Bupati Minahasa Utara Joune J.E.Ganda, S.E., MAP., M.M., M.Si menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pengembangan Lima (5) Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Semester I 2023 dan Rapat Dewan Pengarah Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata di Magelang, bertempat di Plataran Heritage Borobudur Hotel, (21/07/2023).

Rakornas yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi tersebut bersinergi untuk merumuskan strategi akselerasi pengembangan 5 DPSP yang harus diselesaikan pada 2024.

Agenda rakornas meliputi monev dan perumusan strategi pencapaian target pariwisata; rencana aksi akselerasi pengembangan 5 DPSP; akselerasi implementasi prinsip biru, hijau dan sirkular; strategi peningkatan Investasi; serta strategi peningkatan kuantitas dan kualitas SDM.

Baca juga:  Gelar Reses Di Tumaluntung, Anthony Pusung Diminta Bangun Sarana Olahraga

Rapat yang berlangsung sekitar 2 jam membahas lima DPSP meliputi Candi Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Likupang dan Labuan Bajo.

“Kita dengan adanya UU Kesehatan maka turis kesehatan itu akan kita tonjolkan. Sehingga nanti yang berobat ke luar negeri itu akan berkurang,” kata Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) kepada sejumlah media.

Menurut Luhut, sebagaimana laporan dari Menparekraf Sandiaga di mana angka nasional yang berobat di luar negeri hampir USD 11 miliar.

“Sangat besar sekali, saat ini dengan membangun rumah sakit untuk turis itu, saya kira akan terkurangi,” katanya.

Selain itu, yang kedua, kata Luhut, mengenai infrastruktur dari semua tempat.

Baca juga:  Wagub Steven Kandouw Buka Musda GPDI

“Seperti Borobudur ini semua kabel-kabel yang ada akan kita tanam sehingga lebih rapi dan semua arsitektur-arsitektur di tourism destination harus kearifan lokal, yang belum, harus kita minta bertahap. Borobudur ini menjadi salah satu destinasi turis yang menarik,” imbuhnya.

Hadir dalam rakornas tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno;
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas; Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor;
Wakil Menteri BUMN I Kartika Wirjoatmodjo;
Wakil Menteri Kesehatan Dante Waksono Harbuwono;
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo;
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati;
1aserta pejabat Eselon I Kementerian/Lembaga terkait. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *