LNSIFC 2022 Piala Presiden Jokowi Bakal Meriah, Ini Alasannya

oleh

Manado, www.inspirasikawanua.com – Pelaksanaan Likupang North Sulawesi International Fishing Competition (LNSIFC) 2022 yang akan dihelat pada tanggal 14-18 September mendatang, bakal meriah.

Hal itu dikatakan oleh Pj Sekprov Sulut, Praseno Hadi saat memimpin Rapat Panitia LNSIFC 2022 di Kantor Gubernur Sulut, Rabu (31/8/2022).

“Posisi hingga saat ini sudah ada 70 tim pemancing internasional dari berbagai negara yang mendaftar siap meramaikan iven yang akan memperebutkan piala Presiden Joko Widodo tersebut.
Dan dipastikan jumlah tersebut akan terus bertambah hingga saat hari pelaksanaan,” ungkap Praseno Hadi.

Dirinya berharap kegiatan yang merupakan rangkaian dari peringatan HUT Indonesia ke 77 dan HUT Provinsi Sulut ke 58
ini akan menjadi iven internasional dengan tujuan untuk memperkenalkan Likupang atau lebih khususnya Provinsi Sulut sendiri di mata dunia.

Baca juga:  Koramil 1310-05 Kauditan Gelar Kerja Bakti Bersama Pemdes Kema 3 dan Mahasiswa De La Salle

“Kegiatan yang akan digelar selama 2 hari 2 malam ini, disponsori oleh beberapa kementerian dan perusahaan swasta dimana finishnya nanti di kawasan Megamas Manado,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Daerah Sulut, Tineke Adam mengatakan jika dalam lomba ini juga masuk kategori mancing nelayan tradisional sehingga diundang 13 kabupaten/kota yang memiliki laut untuk bisa ikut serta dalam lomba tersebut.

“Kalau kategori internasional wajib menggunakan joran. Sementara untuk kategori nelayan tradisional bebas menggunakan apa saja selain jaring. Sebab kami dalam lomba ini ikut menerapkan edukasi ramah lingkungan,” jelas Tineke.

 

Ditambahkannya, untuk saat ini, pendaftaran bagi peserta Nusantara sudah ditutup karena dibatasi jumlahnya. Bahkan pendaftaran bagi nelayan tradisional di Sulut hanya dibatasi sebanyak 200 tim dimana setiap tim hanya bisa sampai 7 orang.

Baca juga:  Tyas Fatoni Ajak Kader PKK Sulut Jadi Pelopor AKB

“Nantinya ada hadiah dari USD10.000 hingga piala Presiden. Untuk pemenang akan dilihat dari berat ikan,” terangnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum LNSIFC 2022, Veldy Umbas mengatakan jika iven ini bertujuan untuk menonjolkan spot pemancingan dari Biaro hingga Manado. Bahkan kegiatan ini akan mencetak rekord MURI dengan penyajian makanan Sasimi di Kawasan Megamas.

“Jadi tidak hanya terkonsentrasi di laut, tapi juga di darat. Untuk peserta asing, masih ada permintaan dari beberapa kedutaan besar untuk bisa melibatkan pemancing mereka,” tambahnya.(*Maycle)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *